Minggu, 15 Mei 2011


JUNJUNG KEBERSAMAAN ANTARA SEMUA SISTEM DEMI KEMAJUAN DAERAH KITA

Pendahuluan
Otonomi daerah sebagai aplikasi pemberian kewenagan kepada pemerintah dan masyarakat di daerah untuk mengelolah dan melaksanakan program pemerintah secara nyata, demokratis dan bertanggung jawab. Pemekaran daerah bertujuan untuk mendekatkan pelayanan umum kepada masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan rakyat secara utuh serta berkesinambungan.
Kabupaten Kepulauan Sula merupakan Daerah yang di Mekarkan pada tahun 2003 Bersamaan dengan beberapa Kabupaten lainya yang berada di Provinsi Maluku Utara. Terletak pada bagian paling Selatan Provinsi Maluku Utara ,yang terdiri dari Tiga Pulau Besar yaitu Sanana, Mangole dan Taliabu serta tedapat 19 Kecamatan. Kecamatan Sanana merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Kepulauan Sula
Kecamatan Sanana pada tahun 2003 ketika pemekaran Daerah Kabupaten Kepulauan Sula telah mengalami perubahan Status dari Kecamatan Ke Status Kota. Seiring dengan perubahan suatu daerah menjadi perkotaan maka tantangan untuk perencanaan  serta pengembangan  Kota tersebut semakin berat .  kerjasama dari Pemerintah , swasta serta peran serta Masyarakat sangat di andalkan demi terciptanya Kota yang ideal
Mengenai infrastruktur sarana prasarana, Kota Sanana masih dalam tahap pembangunan . hal ini disebabkan Kabupaten Kepulauan Sula merupakan Kabupaten yang masih baru. Namun dalam Proses pembangunan infrastruktur tersebut masih bayak kendala dan permasalahan yang di hadapi pemerintah setempat diantaranya ialah masalah Pembebasan lahan, jaringan jalan, jembatan, saluran perpipaan dan sarana prasarana transportasi.

Letak geografis Kabupaten Kepulauan Sula yang terdiri dari Pulau ke pulau merupakan kendala utama dalam proses pembangunan.  Untuk itu Membutuhkan proses perencanaan yang matang Ketika proses pembangunan sarana prasarana di pulau – pulau tersebut., baik dari sarana transportasinya hingga ke prasarana jaringan komunikasi dan beberapa sarana prasarana  lainnya.
Dalam kurun waktu 8 Tahun terakhir, Semenjak terbentuknya Kabupaten Kepulauan sula sarana prasarana di Kabupaten Kepulauan Sula sudah terealisir . dari beberapa infra struktur kini dalam tahap pembangunan. Namun dalam upaya proses tidak selamanya berjalan mulus, masalah yang sering di hadapi oleh Pemerintah yaitu masalah pembebasan lahan. Dalam sebuah berita Kabar elektronik , kendala utama pembebasan lahan sekarang yang di hadapi pemerintah Kabupaten Kepulauan sula yaitu lahan Bandara Kota Sanana.
Penuntututan dari masyarakat untuk mengganti rugi lahan mereka tak kunjung berakhir. Akhirnya sudah  hampir 5 bulan Bandar Udara Kabupate Kepulauan Sula tidak dapat beroperasi akibat dari Pemblokiran Dari Warga yang mengatas namakan lahan tersebut Milik Mereka.
Peran serta masyarakat dalam mendukung program- program pemerintah sangat di perlukan. karena kabupaten kepulauan sula adalah milik masyarakat bukan melainkan milik pemerintah, pemerintah hnya sebagi penyambung tangan atau dengan kata lain yang di amanatkan oleh masyarakat untung menjalankan pembangunan yang ada. dengan menjungjung  kebersamaan, dari semua sistem maka kemajuan sula akan tercapai.

0 komentar :

Posting Komentar